Saturday, July 14, 2012

Cina atau bukan?

Bagi sebagian besar orang, wajah gue sangat obvious menunjukkan ras gue: Cina.
Meskipun cuma setengah haha
Tapi, gue sempat merasa heran setengah mati saat salah satu teman lama gue kaget pas gue bilang sama dia kalo gue ini setengah Cina.
him: "Hah! Lo Cina Sen?"
me: "Lah, emang lo ga tau? Bokap gue doang sih."
him: *tetap keukeuh* "Tapi nyokap lo bukan kan?"
me: "Bukan lah haha."
Sebagai seorang cewek yang selalu dipanggil amoy dari semasa kecil, gue sempet kaget banget (sekaligus terharu) saat liat reaksi temen gue itu. Astaga, ini orang kemana aja deh -___- udah kenal bertahun-tahun tapi selama itu gak pernah "curiga" kalo gue Cina. Tapi, jauh di dalam hati, diam-diam gue seneng. Akhirnya ada juga orang yang gak nganggap gue Cina hahaha. Mungkin alesan dia kaget itu lebih karena dia udah ketemu sama nyokap gue yang obviously bukan Cina, sedangkan dia belum ngeliat tampang bokap gue kaya gimana hihi.

Post ini gak bermaksud rasis loh. Meskipun sempet sebel karena sering diledekin amoy dan nerima berbagai sentakan heran saat gue dianggap gak mirip sama nyokap oleh beberapa orang nyebelin, pada akhirnya toh gue bangga juga dengan keadaan gue ini <-- drama banget sih, kaya apa aja haha.
Sebagai orang setengah-setengah gue sama-sama bangga dengan kedua belah pihak ancestors gue: Cina dan Sunda. Cinda lah yaa hahaaha. Dengan menjalani kedua kultur tersebut, gue malah lebih bersyukur karena jadi punya 'pengalaman' kultural yang cukup berseberangan bagaikan langit dan bumi ;p
Bagi kalian yang juga dapet angpao di hari Imlek, merayakan lebaran, sekaligus nerima parsel dan kartu natal nyaris setiap tahun, kalian pasti tahu rasanya gimana... :|

Oh ya, bagi kalian yang ngaku sebagai penikmat entertainment Indonesia sejati, pasti tau dong seorang comic stand up comedy yang namanya Ernest Prakasa? Dia selalu menyelipkan topik tentang ke-Cina-annya di berbagai kesempatan daaaan jatohnya? Ya lucu, bukan rasis haha. 
So, if we can make fun of it, ngapain juga dianggap rasis dan rese? Cuma orang-orang dengan pikiran dangkal dan sempit doang deh yang kayak gitu.
Heloo...jaman gini rasis?
Big NO to the WAY.

No comments:

Post a Comment